Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan proses sains (KPS) siswa melalui pembelajaran berbasis kerja ilmiah pada konsep Ekosistem yang dilaksanakan pada kegiatan piloting di SMA. Kegiatan piloting adalah kegiatan kerjasama antara FPMIPA UPI dengan pihak JICA melalui  Project IMSTEP JICA yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran MIPA di sekolah. Penelitian dilaksanakan di dua sekolah yang berlokasi di Kota Bandung dan Lembang masing-masing satu kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Adapun materi Ekosistem yang pilih pada penelitian ini terdiri dari materi Aksi Interaksi dan Pencemaran Air. Instrumen penelitian meliputi: lembar observasi kinerja siswa pada waktu praktikum, soal-soal KPS dan angket siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada praktikum aksi interaksi dan pencemaran air kemampuan siswa dalam melaksanakan semua tahapan percobaan secara umum sudah baik, kelemahan masih terjadi pada kemampuan mengendalikan variabel penentu keberhasilan percobaan. Akan tetapi pada percobaan Pencemaran air kemampuan mengendalikan variabel ini mengalami peningkatan. Kemampuan KPS siswa secara umum menunjukkan perbedaan secara signifikan dari pretest ke posttest. Dari angket siswa diketahui bahwa telah terjadi perubahan metode guru mengajar dari yang biasa ceramah dan demonstrasi menjadi sering praktikum pada semester ini. Dan siswa merasa bahwa metode praktikum berpengaruh baik terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa.
Copyrights © 2004