Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki peningkatan penguasaan mahasiswa terhadap konsep kimia dasar melalui perkuliahan terintegrasi praktikum. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretes-postes grup kontrol. Penelitian dilakukan di Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia. Data dikumpulkan melalui lembar kerja mahasiswa, teknik wawancara, teknik observasi, dan tes kemampuan kimia. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif. Data diolah dengan menggunakan program SPSS versi 13. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan mahasiswa terhadap konsep kimia dasar meningkat secara signifikan. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa perkuliahan terintegrasi praktikum dapat meningkatkan penguasaan mahasiswa terhadap konsep kimia dasar. Disarankan agar penelitian ini dikembangkan pada topik-topik kimia lainnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2008