Jurnal Pengajaran MIPA
Vol 17, No 2 (2012): JPMIPA: Volume 17, Issue 2, 2012

MODEL PEMBERIAN TUGAS RESITASI (M-APOS) YANG DILAKSANAKAN DENGAN BAHASA INGGRIS DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA CALON GURU

Elah Nurlaelah (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2021

Abstract

ABSTRAKMakalah ini menyajikan hasil observasi terhadap pembelajaran Aljabar Matrik yang menggunakan model M-APOS yang dilaksanakan dalam Bahasa Inggris untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis dan kepercayaan diri mahasiswa calon guru. Implementasi pembelajaran menggunakan siklus ADL yang terdiri dari fase activities, fase class discussion dan fase exercises. Fase activities dalam penelitian dilaksanakan melalui tugas resitasi, dimana mahasiswa menyiapkan presentasi dengan memanfaatkan media power point dan menyajikannya dengan menggunakan bahasa inggris. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa proses pembelajaran ini memberikan fasilitas dan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan mahaiswa dalam menumbuhkan kemampuan komunikasi matematis, belajar mandiri, menumbuhkan percaya diri dan memiliki tanggung jawab dalam menggali konsep yang harus dikuasainya. Hasil penelitian inipun menunjukkan bahwa aktivitas yang diberikan dapat menumbuhkan keterampilan menyajikan suatu materi dalam bentuk presentasi, memaksa mahasiswa untuk berkomunikasi matematika dengan bahasa inggris, dimana hal ini belum biasa dilaksanakan dalam perkuliahan umum.ABSTRACTThis paper present the result of teaching and learning observation in Matrix Algebra Course by using M-APOS Model. The purpose of using M-APOS model to enhance pre-service students’ comunication and self confidence which conduct in english. Teaching and learning procces implemented by using ACE cycles (activities, class discussion, exercices). Activities fase was implemented by recitation task, in this fase student had to prepare power point media and the students had to presented in english; in class discussion, students had to discuss the related concept which presented in the class; and exercises fase, the students had to do some of problems (they can solve the problems in the class or whereever they can do). The result of the observation found that this teaching and learning process facilalitate and give chancing the students to improve their mathematical communication, self confidence, and responsibility to exploite the concept. And then this teaching and learning process suport the students to presented the concept in english, where this activities have not done before.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPMIPA

Publisher

Subject

Description

Journal of Mathematics and Science Teaching or Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JPMIPA) was founded in 1993 and published qualitative and or quantitative research concerning mathematics and science teaching. JPMIPA is published by Faculty of Mathematics and Science Education ...