Jurnal Pengajaran MIPA
Vol 13, No 1 (2009): JPMIPA: Volume 13, Issue 1, 2009

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERSIFAT KONSTRUKTIVIS PADA TOPIK KLASIFIKASI HEWAN ARTHROPODA

Sutarto, Sutarto (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2009

Abstract

Metode pembelajaran yang mengedepankan eksperimen sebagai bagian penting kegiatan pembelajaran di tingkat SLTP masih banyak menemui kendala. Terlebih jika eksperimen diseting sebagai pembelajaran yang bersifat konstruktivistik belum banyak dilakukan. Dalam pembelajaran yang bersifat konstruktivis siswa membangun pengetahuannya sendiri. Aktivitas itu akan semakin bermakna jika dilakukan secara bersama-sama dalam pembelajaran kooperatif. Melalui kegiatan lesson study guru secara bersama-sama mengembangkan pembelajaran berbasis konstruktivisme dengan menggunakan pembelajaran kooperatif pada topik klasifikasi hewan Arthropoda di SMPN 1 Paseh. Kegiatan pembelajaran dilangsungkan dengan cooperative learning, tipe Teams Game Tournament (TGT). Kegiatan yang dilaksanakan siswa dalam pembelajarani ini adalah melakukan pengamatan ciri-ciri hewan Arthropoda dan berdasarkan ciri-ciri yang teramati, siswa mengelompokkan hewan Arthropoda ke dalam lima kelas. Selama kegiatan belajar 98% siswa terpacu semangat dan aktivitasnya. Uji dengan TGT umumnya memberikan penguatan yang baik bagi hasil belajar siswa pada topik tersebut. Sedangkan kegiatan lesson study memberikan pengalaman baru bagi guru model dan guru observer. Kata kunci : konstruk

Copyrights © 2009






Journal Info

Abbrev

JPMIPA

Publisher

Subject

Description

Journal of Mathematics and Science Teaching or Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JPMIPA) was founded in 1993 and published qualitative and or quantitative research concerning mathematics and science teaching. JPMIPA is published by Faculty of Mathematics and Science Education ...