Jurnal Pengajaran MIPA
Vol 19, No 2 (2014): JPMIPA: Volume 19, Issue 2, 2014

PROFIL PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS KELASS SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN KPS DAN MENINGKATKAN PKS SISWA (STUDI KASUS DI SMPN 1 KOTA JAMBI)

Sukarno, Sukarno (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2014

Abstract

ABSTRAKKegiatan Belajar Mengajar (KBM) sains di tingkat SMP bertujuan untuk mengembangkan Keterampilan Proses Sains (KPS) dan menanamkan Penguasaan Konsep Sains (PKS). Oleh karena itu, KBM sains harus memberikan peluang untuk mengembangkan KPS dan PKS secara bersama-sama dan tidak terpisahkan. KBM sains berbasis Kegiatan Eksplorasi Lingkungan Alam di Sekitar Sekolah (KELASS) dianggap mampu memberikan ruang yang luas untuk mengembangkan KPS siswa dan PKS. Oleh karena itu, penelitian kualitatif ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan KBM sains berbasis KELASS dan implikasinya terhadap KPS dan PKS siswa. Data hasil wawancara, observasi dan tes menunjukkan bahwa faktor pendukung KBM sains berbasis KELASS adalah sarana dan prasarana (indoor dan outdoor) yang memadai. Sedangkan kendala utama bagi para guru sains adalah tidak adanya bahan ajar sains yang berorientasi pada eksplorasi lingkungan alam sekitar sekolah untuk mengembangkan mahasiswa KPS dan PKS. Oleh karena itu, perlu dikembangkan bahan ajar sains yang dapat mempermudah guru sains dalam melakukan KBM sains berbasis KELASS. ABSTRACTTeaching and learning of science at junior high school level aimed to develop science process skills (SPS) and mastery of science concepts (MSC). Therefore, science learning activities should provide opportunities for the development of SPS and MSC together and inseparable. Teaching and learning of science by exploration of the natural environment around the school (KELASS) deemed capable in providing ample scope for developing student’s SPS and MSC. Therefore, this qualitative research was intended to find out factors supporting and inhibiting implementation of KELASS-based science learning. Interviews, observation, and test results showed that the factors supporting KELASS-based learning were adequate infrastructure quantity (indoor and outdoor). While the main obstacle to the science teachers was the absence of science teaching material oriented to the natural environment exploration around the school to develop the students SPS and MSC. It is therefore necessary to develop science teaching materials that can lead science teachers to conduct KELASS-based science learning.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JPMIPA

Publisher

Subject

Description

Journal of Mathematics and Science Teaching or Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JPMIPA) was founded in 1993 and published qualitative and or quantitative research concerning mathematics and science teaching. JPMIPA is published by Faculty of Mathematics and Science Education ...