Jurnal Pengajaran MIPA
Vol 20, No 1 (2015): JPMIPA: Volume 20, Issue 1, 2015

PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR 5E TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI UMUM DAN KEMAMPUAN APLIKASI SAINS MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI

Kurniati, Tuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2015

Abstract

ABSTRAKPergeseran paradigma pendidikan dan perkuliahan menyebabkan perkuliahan mulai mengarah pada konstruktivistik, yaitu perkuliahan yang berpusat pada mahasiswa (student-centered). Siklus Belajar 5E (learning cycle) merupakan salah satu model perkuliahan yang berbasis konstuktivistik yaitu perkuliahan yang menekankan bahwa mahasiswa sendirilah yang akan membangun pengetahuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep dan kemampuan aplikasi sains mahasiswa antara kelas yang menggunakan Model Siklus Belajar 5E dibanding kelas kontrol pada perkuliahan Biologi Umum. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif melalui uji-t sampel berpasangan (paired sample t-test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep dan kemampuan aplikasi sains yang signifikan antara kelompok yang menggunakan Model Siklus Belajar 5E dibanding kelas kontrol. Rata-rata skor postes pemahaman konsep dan kemampuan aplikasi sains mahasiswa di kelas yang menggunakan Model Siklus Belajar 5E lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.ABSTRACTA shift in education and lectures paradigm leads to a constructivistic lectures, i.e. lectures that are more students-centered. Learning cycle is one of the lecturing models based on constructivist aspect which emphasizes that students themselves will create their knowledge. The purpose of this study was to know differences in students’ concept understanding and science application ability between students using learning cycle model and control class in general biology lecture. The method used in this study was quasi-experimental study with quantitative approach through paired sample t-test. Results showed that there were significant differences in concept understanding and science application ability between students using learning cycle model and control class. The average concept understanding and science application ability score for students using learning cycle model was higher than that of control class.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPMIPA

Publisher

Subject

Description

Journal of Mathematics and Science Teaching or Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JPMIPA) was founded in 1993 and published qualitative and or quantitative research concerning mathematics and science teaching. JPMIPA is published by Faculty of Mathematics and Science Education ...