Jurnal Pengajaran MIPA
Vol 16, No 2 (2011): JPMIPA: Volume 16, Issue 2, 2011

PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA

Fatmawati, Baiq (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2011

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan mengetahui kemampuan berpikir kreatif mahasiswa melalui pembelajaran berbasis proyek pada perkuliahan mikrobiologi. Penelitian difokuskan pada kegiatan merancang proyek pada topik fermentasi. Penelitian dilakukan di sebuah perguruan tinggi di Lombok terhadap mahasiswa pendidikan biologi semester V (n=34 orang). Data dikumpulkan menggunakan tes berpikir kreatif dengan cara mengisi komponen-komponen rancangan yang meliputi permasalahan, solusi-solusi alternatif, tujuan dan cara kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan berpikir kreatif mahasiswa dalam menjawab soal-soal yang diberikan dengan Ngain sebesar 0,52. Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa sebagian besar (50%) dikategorikan ke dalam kategori sedang, sebagian kecil kategori rendah (23,5%) dan tinggi (26,5%).Kata kunci: pembelajaran berbasis proyek, berpikir kreatif, mikrobiologiABSTRACT The purpose of this study was to increases creative thinking skill and to know creative thinking ability of prospective biology teachers‟ through project based learning at microbiology. This research was focused on creative thinking in designing activity process on fermentation topic. The study involved a number of prospective teachers of the fif th semester from a university in Lombok (n=34). Data was collected using creative thinking test by filling the designing components (included problem, solutions, purpose and procedure). The study resulted in that there was increasing of creative thinking of biology prospective teachers with N gain 0,52. The creative thinking ability of prospective biology teachers could be categorized into low (23,5%), medium (50%), and high (26,5%) categories.Keywords: project based learning, creative thinking, microbiology

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

JPMIPA

Publisher

Subject

Description

Journal of Mathematics and Science Teaching or Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JPMIPA) was founded in 1993 and published qualitative and or quantitative research concerning mathematics and science teaching. JPMIPA is published by Faculty of Mathematics and Science Education ...