Chi`e: Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang
Vol 8 No 1 (2020): CHI'E Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang (Journal of Japanese Learning and Teaching)

Konstruksi Interogatif Bahasa Jepang : Analisis X-Bar

Budiman, Jaka (Unknown)
Mulyadi, Mulyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2020

Abstract

Abstrak Penelitian ini mendeskripsikan mengenai kategori fungsi kalimat interogatif dan merumuskan bentuk kalimat interogatif dalam bahasa Jepang menggunakan teori X-Bar. Dalam penelitian artikel ini, penulis menggunakan metode kepustakaan. Lalu, data dianalisis dengan metode agih dan hasil disajikan menggunakan pemahaman formal dan informal. Hasil menunjukkan bahwa kategori fungsional kalimat interogatif dalam bahasa Jepang meliputi komplemen dan pemerlengkap. Fungsi kalimat interogatif sebagai pemerlengkap ditempati oleh kalimat interogatif ya-tidak dan kalimat interogatif dengan kata tanya, sedangkan kalimat interogatif yang berfungsi sebagai komplemen ditempati oleh kalimat interogatif gaung sehingga dapat dilihat sebagai berikut : KT → [Pm] + Spes + I + Komp + [Pm + Spes + I + Komp]. Kata Kunci : kalimat interogatif, struktur, kategori fungsional Abstract This research are describing about functional category of question and formulated question structure norm in Japanese with X-Bar theory. For this research article, i used library research method. Then, data was analyse with agih method and the result served with formal and informal understanding. The result are showed which question functional category in Japanese question as complement and complementary. The function of question as complementary be occupied by yes-no question and wh question, then question function as complement contained in echo question type as followed : KT → [Pm] + Spes + I + Komp + [Pm + Spes + I + Komp]. Keywords : question, structure, functional category

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

chie

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

CHI’E: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA JEPANG, (E-ISSN: 2685-6662, P-ISSN:2252-6250) is an OPEN-ACCESS, Peer-reviewed, International DOAJ Indexed Journal has the perspectives of Japanese languages, literature and language teachings. This journal has the Focus and Scope of presenting and discussing some ...