Journal of Mechanical Engineering Learning
Vol 9 No 2 (2020): Journal of Mechanical Engineering Learning

Pengembangan E-Modul Pembelajaran dan E-Jobsheet Sistem Penerangan Mobil Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Teknik Kendaraan Ringan

Huda, Syaiful (Unknown)
Widjanarko, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kelayakan e-modul dan ejobsheet, tingkat kontribusi penggunaan e-modul dan e-jobsheet, dan tanggapan siswa terhadap e-modul dan e-jobsheet yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan. Model penelitian adalah Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Designs dengan model One Grup Pretest-Posttest Design. Hasil uji kelayakan ahli media diperoleh persentase sebesar 89%, ahli materi sebesar 81%, keduanya memperoleh kriteria sangat layak. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar uji kompetensi siswa dengan nilai rata-rata pretest dan posttest sebesar 25,89%. Hasil analisis uji-t diperoleh thitung sebesar 14,337 dan ttabel 2.042 (thitung> ttabel), berarti ada perbedaan hasil belajar signifikan. Terdapat konstribusi efektif penggunaan e-modul dan e-jobsheet sistem penerangan yang signifikan terlihat dari uji n-gain diperoleh rata-rata sebesar 0,47 yang termasuk dalam kategori “sedang”. Analisis tanggapan siswa diperoleh persentase sebesar 85,39% termasuk kriteria sangat baik.

Copyrights © 2020