DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 2, No 1 (2019): April

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 37 MAJANG KECAMATAN TANETE RIATTANG BARAT KABUPATEN BONE

Sitti Jauhar (FIP Universitas Negeri Makassar)
Andi Desri Indarwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2019

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 37 Majang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 37 Majang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang/siklus terdiri atas  perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Word Square dan hasil belajar IPS. Setting penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 37 Majang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 37 Majang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone yang aktif pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian dengan tahapan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing/verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan, baik pada aktivitas guru maupun siswa serta hasil belajar dalam mata pelajaran IPS dari siklus I dengan kualifikasi Cukup (C) meningkat menjadi kualifikasi Baik (B) di siklus II. Kesimpulan penelitian adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 37 Majang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

dikdas

Publisher

Subject

Description

DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar dikelola dengan proses peer review dan open acces. memiliki p-ISSN: 2620-5246 dan e-ISSN: 2620-6307. Terbit dua kali dalam setahun, bulan April dan September. Dipublikasikan oleh STKIP Andi Matappa Pangkep. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar ...