Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains
Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains

PENGARUH GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER

Sri Koriaty, Nurbani (Prodi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer, IKIP PGRI Pontianak)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh gaya belajar terhadapprestasi belajar mahasiswa pada matakuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer, (2) pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar mahasiswa pada matakuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer, dan (3) pengaruh gaya belajar dan motivasi terhadap prestasi belajar mahasiswa pada matakuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Variabel dalam penelitian ini adalah gaya belajar (X1) dan motivasi (X2) yang merupakan variabel bebas, sedangkan variabel terikat yaitu prestasi belajar (Y). Sampel penelitian ini berjumlah 114 mahasiswa Program Studi P.TIK IKIP PGRI Pontianak Semester IV tahun ajaran 2014/2015. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa pada matakuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer, (2) terdapat pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar mahasiswa pada matakuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer, dan (3) terdapat pengaruh gaya belajar dan motivasi terhadap prestasi belajar mahasiswa pada matakuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer.Kata kunci: gaya belajar, motivasi, prestasi belajar.

Copyrights © 2015