Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) tingkat kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah mahasiswa pendidikan matematika, 2) korelasi signifikan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan matematika, 3) korelasi signifikan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan matematika, 4) korelasi signifikan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasi. Instrumen penelitian berupa angket dan nilai akademik mahasiswa. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian 1) nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis, sikap ilmiah, serta prestasi belajar mahasiswa semuanya pada rentang kategori cukup, 2) kemampuan berpikir kritis tidak memberikan korelasi yang signifikan terhadap prestasi belajar, 3) sikap ilmiah tidak memberikan korelasi yang signifikan terhadap prestasi belajar, 4) kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah secara simultan tidak memberikan korelasi yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa.Kata Kunci: Korelasi, berpikir kritis, sikap ilmiah, prestasi belajar
Copyrights © 2016