Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Vol 6, No 1 (2019): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial

PROGRAM BIMBINGAN PRIBADI DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SMP KOPERASI PONTIANAK

Novi Andriati (IKIP PGRI Pontianak)
Novi Wahyu Hidayati (IKIP PGRI Pontianak)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari data faktual mengenai program bimbingan pribadi tentang interaksi sosial siswa SMP Koperasi Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu prosedur yang memaparkan keadaan objek yang diselidiki. Hasil penelitian menunjukkan gambaran umum interaksi sosial siswa SMP Koperasi diperoleh persentase sebesar 57,11% tergolong sedang. Hal ini dapat dinterpretasikan melalui 4 aspek interaksi sosial yaitu interaksi sosial terhadap komunikasi, interaksi sosial terhadap sikap, interaksi sosial terhadap tingkah laku kelompok dan interaksi sosial terhadap norma sosial. Rancangan program bimbingan pribadi tentang interaksi sosial siswa disusun berdasarkan asesmen kebutuhan tentang interaksi sosial yang disusun berdasarkan program bimbingan dan konseling komprehensif yang terdiri dari layanan dasar, layanan responsif, perencanaan individual, serta dukungan sistem.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sosial

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences

Description

Jurnal ini berisi tentang kajian-kajian hasil pemikiran ataupun hasil penelitian Pendidikan ...