Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Vol 6, No 2 (2019): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 SAMBAS

Bohari Bohari (IKIP PGRI Pontianak)
Putri Relia Anggraini (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran artikulasi pada mata pelajaran IPS. Penelitian tindakan kelas (classroom action research) dilaksanakan pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Sambas. Dan berdasarkan hasil analisisa data temuan-temuan yang diperoleh saat penelitian tindakan dilaksanakan, maka hasil penelitiannya adalah: 1) Pelaksanaan model pembelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 1 Sambas telah terlaksana dengan baik dan efektif. 2) Persentase hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran artikulasi dalam pembelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 1 Sambas 32,36% dinilai gagal. 3) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran artikulasi yaitu pada siklus I ketuntasan klasikal yang diperoleh siswa adalah 53,38% dalam kategori kurang, pada siklus II adalah 82,36% berada dalam kategori baik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sosial

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences

Description

Jurnal ini berisi tentang kajian-kajian hasil pemikiran ataupun hasil penelitian Pendidikan ...