Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran artikulasi pada mata pelajaran IPS. Penelitian tindakan kelas (classroom action research) dilaksanakan pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Sambas. Dan berdasarkan hasil analisisa data temuan-temuan yang diperoleh saat penelitian tindakan dilaksanakan, maka hasil penelitiannya adalah: 1) Pelaksanaan model pembelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 1 Sambas telah terlaksana dengan baik dan efektif. 2) Persentase hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran artikulasi dalam pembelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 1 Sambas 32,36% dinilai gagal. 3) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran artikulasi yaitu pada siklus I ketuntasan klasikal yang diperoleh siswa adalah 53,38% dalam kategori kurang, pada siklus II adalah 82,36% berada dalam kategori baik.
Copyrights © 2019