Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Vol 8, No 1 (2021): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial

PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO TERINTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI

Rika Anggela (IKIP PGRI PPONTIANAK)
Eviliyanto Eviliyanto (IKIP PGRI Pontianak)
Rina Rina (IKIP PGRI Pontianak)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2021

Abstract

Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh video terintegrasi dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap berpikir kritis pada mahasiswa Pendidikan Geografi Mata Kuliah Geografi Regional Dunia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experimental Design dengan rancangan one-group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh video terintegrasi Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada mahasiswa. Hasil pengolahan data diperoleh didapatkan nilai t tabel, maka dikonsultasikan dengan nilai t hitung (2,612 2,178). Dikarenakan nilai t hitung lebih besar dari t tabel, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pre test dengan post test yang berarti juga terdapat pengaruh penggunaan video terintegrasikan dengan model pembelajaran  Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah Geografi Regional Dunia.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sosial

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences

Description

Jurnal ini berisi tentang kajian-kajian hasil pemikiran ataupun hasil penelitian Pendidikan ...