Setiap orang tua selalu mendambakan anaknya dapat tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai tahapan usianya. Peran orang tua cukup komplek dalam pengasuhan anak termasuk dalam pola asuhnya. Disamping itu pengawasan orang tua dan pengetahuan orang tua terhadap pola asuh kepada anak juga berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Tujuan Untuk Mengetahui Hubungan Pengetahuan Dan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Pra Sekolah Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Sangurara Kota Palu. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah Cross Sectional Populasi adalah Semua Orang tua dengan anak prasekolah Besar sampel adalah 44 responden dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Variabel Independen penelitian adalah pengetahuan dan pola asuh. Variabel dependen adalah perkembangan. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, kemudian data dianalisis menggunakan uji Spearmant rho dengan tingkat signifikansi α ≤ 0,05. Hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar responden memiliki pengetahuan yang cukup sebanyak 25 responden (56,8%), pola asuh yang cukup sebanyak 23 responden (52,3%), perkembangan anak yang normal sebanyak 39 responden (88,6%). Hasil penelitian p=0,042 dimana H1 diterima dan H0 ditolak yang berarti bahwa ada Hubungan Pengetahuan Terhadap Perkembangan Anak Pra Sekolah Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Sangurara Kota Palu, didapatkan p=0,000 dimana H1 diterima dan H0 ditolak yang berarti bahwa ada Hubungan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Pra Sekolah Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Sangurara Kota Palu. Terdapat Hubungan Pengetahuan Dan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Pra Sekolah Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Sangurara Kota Palu.
Copyrights © 2021