Jurnal Ekonomi Manajemen (JEM)
Vol 1 No 1 (2018): 2018 Vol 1 No 1 Januari

STRATEGI FUNDRAISING DALAM PENINGKATAN PENERIMAAN DANA ZAKAT INFAQ SHADAQAH DI ZAKAT CENTER THORIQOTUL JANNAH CIREBON

Anwar Sanusi (Unknown)
Yufa Chaerani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2019

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menjelaskan strategi fundraising yang dilakukan oleh Zakat Center dalam peningkatkan penerimaan dana ZIS serta mengetahui dan memahami faktor internal dan eksternal fundraising di dalam peningkatan penerimaan dana ZIS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi fundraising dalam peningkatan penerimaan dana ZIS yang dilakukan oleh Zakat Center, yaitu ada lima. Pertama, silaturahmi ke donatur/muzakki. Kedua, sosialisasi ke kantor swasta maupun instansi pemerintahan. Ketiga, mengirimkan pesan broadcast ke donatur/muzakki. Keempat, transfer donasi. Kelima, stand Zakat Center. Faktor internal yang mempengaruhi peningkatan penerimaan dana ZIS yaitu: (1) Penguatan keimanan oleh semua karyawan Zakat Center terutama staff fundraising; (2) Amilin Zakat Center harus mempunyai KOMAR; (3) Kekompakan funding agent Zakat Center; (4) Sarana dan prasarana Zakat Center. (5) Pelayanan Zakat Center. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi peningkatan penerimaan dana ZIS yaitu: (1) Persaingan dengan LAZ lain; (2) Kesadaran umat Islam dalam melaksanakan ZIS; (3) Dukungan pemerintah; (4) Lingkungan dengan penduduk mayoritas Islam. ABSTRACT The aim of this study is to know the good strategies of ZIS fundraising in Zakat Center and to know internal and external factors affecting it. The result of this study shows that there are five ways of fundraising strategy to increase ZIS fund by Zakat Center. First, visiting the donors. Second, socialization to many offices (private or government). Third, send broadcast message to the donors/muzakki. Fourth, open donation transfer via bank account. Fifth, Zakat Center Stand. Internal factors affecting collected ZIS are: (1) Employee faith, especially fundraising staff, (2) Amil of Zakat Center must have KOMAR, (3) Funding agent togetherness of Zakat Center, (4) Completed tools in Zakat Center, (5) The service of Zakat Center. External factors affecting collected ZIS are: (1) competition with the other organization, (2) Moslem awareness about ZIS, (3) Government support, (4) People environment with majority of a moslem.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jem

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Membahas tentang Ilmu Manajemen dengan berbagai konsentrasi di antaranya adalah Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Kesehatan, Manajemen Rumah Sakit, Akuntansi, Marketing, kewirausahaan, Komunikasi Bisnis, dan semua yang berhubungan dengan Ekonomi Bisnis dan manajemen. ...