Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen
Vol 1 No 1 (2014): Jurnal Riset Manajemen

PENGARUH KEPUASAN KERJA, MOTIVASI, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PT. SOLO CENTRAL TAXI TAHUN 2011

Dedi Wuryandradi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap kualitas pelayanan PT. Solo Central Taxi, (2) Mengetahui pengaruh motivasi terhadap kualitas pelayanan PT. Solo Central Taxi, (3) Mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan PT. Solo Central Taxi, dan (4) Mengetahui pengaruh kepuasan kerja, motivasi dan budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan PT. Solo Central Taxi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai PT. Solo Central Taxi. Sampel diambil sebanyak 90 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling.Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode kuisioner. Teknik analisa data dengan menggunakan Analisa regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Secara keseluruahan variabel yang diuji yaitu kepuasan kerja, motivasi, budaya organisasi dan kualitas pelayanan pegawai yang dipersepsikan responden atau pegawai PT. Solo Central Taxi dapat dikatakan “sedang”. Artinya kepuasan kerja, motivasi dan budaya organisasi dipersepsikan mampu membawa dampak bagi kualitas pelayanan ini ditunjukkan oleh sebagian besar responden yang menyatakan pendapat setuju atau sangat setuju, (2) Variabel kepuasan kerja memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel kualitas pelayanan, hal ini mengindikasikan bahwa kepuasan kerja dapat membawa dampak yang positif artinya semakin tinggi kepuasan kerja yang dirasakan oleh pegawai maka kualitas pelayanan pegawai akan semakin tinggi pula, (3) Variabel motivasi memberikan pengaruh yang paling kuat positif dan signifikan terhadap variabel kualitas pelayanan, hal ini mengindikasikan bahwa motivasi dapat membawa dampak yang positif artinya semakin tinggi motivasi pegawai dalam bekerja maka kualitas pelayanan pegawai akan semakin tinggi pula, dan (4) Variabel budaya organisasi memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel kualitas pelayanan, hal ini mengindikasikan bahwa budaya organisasi pada perusahaan tersebut dapat membawa dampak yang positif artinya semakin baik budaya organisasi pegawai aatau dapt diterimanya budaya organisasi oleh pegawai maka kualitas pelayanan pegawai akan semakin tinggi pula.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jrm

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Riset Manajemen (JRM) Topics covered include, but not strictly limited to:Focus & Scope Jurnal Riset Manajemen (JRM) Topics covered include, but not strictly limited to: 1. Business and management strategy 2. Marketing management 3. Operations management 4. Finance and investment management ...