Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Vol 3, No 2 (2021): JULI

Peran Museum Popa-Eyato Gorontalo Sebagai Media Belajar Sejarah: Sebuah Penelitian Awal

Resmiyati Yunus (Universitas Negeri Gorontalo)
Andris K. Malae (Universitas Negeri Gorontalo)
Sintia Pakaya (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan museum Popa-Eyato Provinsi Gorontalo sebagai media belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu berusaha mendeskripsikan segala bentuk data yang didapatkan di lapangan sesuai dengan metode yang ada. Hasil penelitiannya adalah museum Gorontalo sejak diresmikan pada tahun 2015 telah menjadi tempat alternatif dalam melaksanakan belajar dan pembelajaran, baik siswa maupun masyarakat Gorontalo secara umum. Hal ini karena, dengan belajar di museum sebagai alternatof belajar sejarah lokal, memiliki tujuan untuk mengetahui lebih dalam terkait dengan perkekmbangan sejarah lokal di Gorontalo

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ijsse

Publisher

Subject

Education Other

Description

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE) memuat artikel dengan fokus penelitian dan pengkajian di bidang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). p-issn 2655-6588 dan e-issn 2655-6278 . Jurnal ini diterbitkan oleh Insitut Agama Islam Negeri Bengkulu dua kali dalam setahun yaitu setiap ...