Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah wisatawan Pabtai Arta. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Analisis data pada penelititan ini analisis SWOT (Strength, weakness, opportunities and threats) dan penentuan strategi pemasaran. Hasil penelitian pada matrik IFE diperoleh skor 2,8 yang berarti kondisi internal pada Pantai Arta kuat. Hal tersebut dapat disebabkan pengelola Pantai Arta menggunakan kekuatannya dengan baik. Sedangkan matrik EFE menunjukan skor 3,2 yang kondisi eksternal pada Pantai Arta sangat kuat. Dengan total skor untuk peluang sebesar 1,88 dan total skor pada ancaman sebesar 1,33 yang berarti pengelola Pantai Arta memiliki peluang yang sangat baik dan mengatasi ancaman yang ada pada Pantai Arta. Hasil perangkingan strategi berdasarkan analisis SWOT didapatkan bahwa alternative strategi pemasaran pada urutan pertama yaitu mempertahankan posisi sebagai tempat wisata yang memiliki keistimewaan-keistimewaan dan seharusnya mengikutsertakan masyarakat dalam pengembangannya.
Copyrights © 2019