Action Research Literate (ARL)
Vol. 4 No. 2 (2020): Action Research Literate

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Melalui Metode Demonstrasi

Lita Puspita Sari (Institute Agama Islam Bunga Banga Cirebon (IAI BBC) Jawa Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia, pada materi menulis dengan metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau (Classroom Action Research). Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas II SD Negeri 1 Larangan Kota Cirebon ajaran 2021/2022 yang sejumlah 20 siswa yaitu terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan.. Alat pengumpulan data pada penelitian yang digunakan ada enam yakni: catatan personal siswa, daftar nilai kondisi awal/prasiklus, lembar observasi siklus I, butir soal siklus I, lembar observasi siklus II, butir soal siklus II. Teknik analisa data yang peneliti gunakan adalah menggunakan deskriptif komparatif yang dilanjutkan dengan refleksi yaitu dengan cara membandingkan hasil tes pada saat kondisi awal (pra siklus), nilai tes setelah siklus I dan nilai tes setelah siklus II kemudian dilanjutkan dengan menarik kesimpulan (refleksi). Penelitian dikatakan berhasil apabila hasil belajar siswa dapat mencapai indikator KKM 75

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

arl

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences

Description

Action Research Literate is a scientific journal in the form of research and can be accessed openly. This journal is published biannual by Syntax Corporation Indonesia. Development of the company make the this Journal is transferred management to the Ridwan Institute which became the part of of ...