Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan usaha industri rumah tangga Keripik Pisang Barokah di Kampung Kurik Distrik Kurik Kabupaten Merauke. Jenis dan rancangan penelitian yang dilakukan menggunakan deskriptif kualitatif. Jumlah responden sebanyak 4 orang yang terdiri dari pemilik UMKM, 1 orang karyawan bagian produksi, 1 orang pedagang pengecer, serta 1 orang pelanggan setia Keripik Pisang Barokah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Faktor internal yang dapat mempengaruhi pengembangan industri rumah tangga keripik pisang barokah di kampung Kurik adalah produk unik dan tradisional, bahan baku lokal, pemasaran dari mulut ke mulut, serta kemasan menarik, keterbatasan modal, kurangnya pengetahuan pemasaran, variasi produk yang terbatas dan keterbatasan distribusi; 2) Faktor eksternal yang dapat mempengaruhi pengembangan industri rumah tangga keripik pisang barokah di kampung Kurik adalah peningkatan permintaan snack sehat, kerjasama dengan retail, pemasaran digital, pengembangan produk baru, persaingan, fluktuasi harga bahan baku, perubahan selera konsumen, dan regulasi dan kebijakan; 3) Berdasarkan analisis datanya didapatkan bahwa titik X berada pada +0,685 dan titik Y berada pada +2,557 sehingga dapat di pastikan bahwa Industri Keripik Pisang Barokah berada pada Kuadran I yaitu mendukung Strategi Agresif atau growt oriented, dimana kekuatan dan peluang saling memiliki ikatan yang kuat; dan 4) Alternatif strategi yang dapat diterapkan dalam mengembangkan industri rumah tangga keripik pisang barokah di kampung Kurik adalah inovasi produk, pemasaran digital, kemitraan serta pelatihan dan pengembangan keterampilan
Copyrights © 2025