KomunikA
Vol. 16 No. 2 (2020): Komunikasi Antarpribadi, Komunikasi Pemasaran dan New Media

KONSEP DIRI PEREMPUAN BARISTA DI KOTA MEDAN

Zulkarnain, Iskandar (Unknown)
Aulia, Rizka Ananda (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini berjudul “Konsep Diri Perempuan Barista di Kota Medan”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Konsep diri perempuan barista, 2) Alasan memilih bekerja menjadi perempuan barista, 3) Hambatan perempuan bekerja mejadi seorang barista. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Komunikasi, Komunikasi Antarpribadi, Psikologi Komunikasi, Konsep Diri dan Self Disclosure yang digagas oleh Joseph Luft dan Harrington Ingham. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini merupakan perempuan barista di Kota Medan, diperoleh empat orang informan dengan menggunakan teknik snowball sampling. Adapun data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam dan observasi. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan, didapat hasil bahwa konsep diri yang dimiliki perempuan barista di Kota Medan menunjukkan konsep diri yang positif. Adapun alasan keempat informan menjadi barista diawali dengan rasa ketertarikan yang semakin dalam yang dipengaruhi oleh lingkungan, pengaruh teman yang berkecimpung di bidang kopi, interaksi dengan orang lain, serta mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan. Meskipun resiko yang ditanggung cukup besar para informan tetap terus ingin menjalani profesi barista.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

komunika

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal KomunikA adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun, di bawah Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara. KomunikA pertama kali terbit pada Maret 2004 dan hingga 2019 telah terbit sebanyak 13 (tiga belas) edisi dalam bentuk cetak. Kini, KomunikA akan dapat diakses ...