KomunikA
Vol. 17 No. 2 (2021): Komunikasi Massa, Komunikasi Antarpribadi, Komunikasi Antar Budaya dan New Med

EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN IKLAN DI PRODUK CETAK DAN PRODUK ONLINE LEMBAGA PERS MAHASISWA DINAMIKA UIN SUMUT

Prasetya, Agung (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini berjudul Proses “Efektivitas Komunikasi Pemasaran Iklan di Produk Cetak dan Produk Online Lembaga Pers Mahasiswa Dinamika Uin Sumut”. Teori-teori yang digunakan adalah teori A-T-R (Awareness, Trial, and Reinforcement) yang dicetuskan oleh Ehrenberg, teori periklanan menurut Tjiptono, dan teori komunikasi pemasaran menurut Lasswell. Penelitian ini dilakukan di Lembaga Pers Mahasiswa Dinamika di UIN Sumut dengan fokus penelitian, yaitu: (1) Kesadaran (awareness) khalayak akan adanya produk yang diiklankan; (2) Percobaan (trial) yang dilakukan khalayak terhadap usaha/ produk yang diiklankan, dan (3) Hasil penguatan (reinforcement) dari usaha/ produk yang diiklankan di produk cetak dan online LPM Dinamika UIN Sumut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan empat metode, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuisioner. Adapun data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tiga teknik, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini, yaitu (1) kesadaran khalayak akan adanya produk yang diiklankan di produk cetak dan online LPM Dinamika di UIN Sumut menyatakan bahwa rata-rata merasakan atau sadar akan adanya iklan tersebut di sekitar mereka; (2) dari peneletian ini, teori trial atau tindakan percobaan dinyatakan berhasil pada keempat iklan tersebut; (2) efek dari pemasangan iklan di produk cetak dan online LPM Dinamika menyatakan bahwa ada tiga iklan yang merasakan efek yang baik pada usahanya setelah beriklan di Majalah Dinamika edisi 54, yaitu iklan Halwey Skincare, ADA Store, dan Ayam Potong Bagus. Namun, ada pengiklan yang kurang merasakan efek dari beriklan di produk online portal berita LPM Dinamika, yaitu iklan NF Olshop.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

komunika

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal KomunikA adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun, di bawah Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara. KomunikA pertama kali terbit pada Maret 2004 dan hingga 2019 telah terbit sebanyak 13 (tiga belas) edisi dalam bentuk cetak. Kini, KomunikA akan dapat diakses ...