Oikonomika: Jurnal Kajian Ekonomi dan Keuangan Syariah
Vol. 2 No. 2 (2021): OIKONOMIKA : Jurnal Kajian Ekonomi dan Keuangan Syariah

KONTESTASI MARKETPLACE DI INDONESIA PADA ERA PANDEMI: ANALISIS STRATEGI PROMOSI TOKOPEDIA, SHOPEE, BUKALAPAK, LAZADA, DAN BLIBLI DALAM PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL

Doli Witro (Unknown)
Muhamad Izazi Nurjaman (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Dena Ayu (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Camelia Sofwan Al-Rasyid (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2022

Abstract

Berbagai promo dan iklan yang ditawarkan marketplace berimplikasi terhadap minat masyarakat untuk belanja online. Dengan berbagai macam promo dan iklan tersebut, terlihat adanya kontestasi antar marketplace untuk menarik minat pembeli, baik Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan Blibli. Penelitian ini membahas tentang kontestasi antar marketplace dalam melakukan promo dan iklan dalam dunia digital pada era pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kontestasi yang terjadi antara berbagai macam marketplace dalam melakukan strategi promo maupun iklan di dunia digital. Artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat pustaka. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis yang dikenalkan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kontestasi marketplace yang sudah tersistem menjadi sebuah kontestasi yang positif dalam rangka mempertahankan dan menumbuhkan ekonomi masyarakat di era pandemi saat ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

oikonomika

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Aim The Journal is dedicated to building a platform for academicians, researchers, authors, and those who interested in Islamic economics and finance studies to share, discuss, evaluate, and distribute their work and opinions. Scope This journal focuses on Islamic economics and Islamic finance ...