El Mudhorib Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah
Vol. 1 No. 1 (2020)

PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN RESTO & CAFÉ RUMAH LAUT JAYAPURA

Risma Risma (IAIN Fattahul Muluk Papua)
Syaiful Muhyidin (IAIN Fattahul Muluk Papua)
Ira Eka Pratiwi (IAIN Fattahul Muluk Papua)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Saat ini, keberadaan kafe dapat ditemukan di mana saja, termasuk di kota Jayapura. Salah satu kafe populer di Jayapura adalah Resto & Café Rumah Laut. Kualitas layanan dipertimbangkan dalam bisnis kafe karena terkait dengan kepuasan konsumen. Pernyataan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas layanan (bukti fisik, keandalan, tanggapan, jaminan, dan empati) mempengaruhi kepuasan konsumen di Resto & Café Rumah Laut Jayapura. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan secara parsial dan simultan terhadap kepuasan konsumen di Resto & Café Rumah Laut Jayapura. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model Service Quality (SERVQUAL). Metode penelitian yang digunakan adalah statistik kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas dari 60 responden Resto & Café Rumah Laut Jayapura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh kualitas layanan sebesar 63,7%, sedangkan sisanya 36,3% dijelaskan oleh faktor lain. Sementara itu, uji f menunjukkan bahwa nilai f-hitung lebih besar dari nilai f-tabel (18,919> 2,38) dengan tingkat signifikansi 0,000 <0,05 berarti bahwa kualitas layanan secara bersamaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. Selanjutnya, hasil uji-t menunjukkan bahwa bukti fisik dan variabel jaminan secara parsial mempengaruhi kepuasan konsumen, dengan tingkat signifikansi masing-masing adalah 0,048 <0,05 dan 0,009 <0,05. Sementara variabel reliabilitas memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,051, variabel respon memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,666 dan variabel empati memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,098 secara parsial tidak signifikan mempengaruhi variabel kepuasan konsumen.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

elmudhorib

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

About the Journal This journal focuses on Islamic economics thought and Islamic banking, research, literature studies, and present issues. All papers are peer-reviewed by at least two reviewers. The Scope of El Mudhorib: Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah is as follow but not limited to: 1. ...