Metahumaniora
Vol 11, No 3 (2021): METAHUMANIORA, DESEMBER 2021

MEMAHAMI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA MELALUI KARTU PERMAINAN

Lina Meilinawati (Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk  mengungkapkan efektivitas pemahaman dan pengetahuan siswa mengenai bahasa dan sastra Indonesia pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK). Materi mengenai bahasa dan sastra Indonesia saat ini masih disampaikan dengan cara-cara konvensional sehingga potensi kejenuhan sebagian besar siswa di Indonesia sangat tinggi. Kurang memuaskannya hasil belajar siswa diduga karena materi yang sulit dipahami dan cara guru menjelaskan materi tersebut. Tantangan utama dalam mengintegrasikan pembelajaran berbasis permainan di sekolah adalah membuat hubungan antara pengetahuan yang dipelajari di sekolah dan permainan yang dibuat atau diciptakan. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini permainan kartu dibuat secara khusus dengan tujuan meningkatkan pengetahuan kesastraan dan keterampilan kebahasaan.  Dua set kartu permainan yang berisi pengayaan kosa kata dan pengetahuan sastra diujicobakan pada siswa SMK. Hasil menunjukkan ada kesenangan bermain yang ditunjukkan para siswa dan pengetahuan yang diam-diam diperoleh saat bermain. Walaupun dalam permainan, bahasa dan sastra hanya sebatas pengetahuan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

metahumaniora

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Metahumaniora adalah jurnal dalam bidang bahasa, sastra, dan budaya yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran sejak tahun 2012 dan bertujuan menyebarluaskan pemikiran-pemikiran konseptual maupun hasil riset yang telah dicapai dalam rumpun ilmu humaniora. Fokus dan ruang ...