Journal of Research on Business and Tourism
Vol. 1 No. 1 (2021): Journal of Research on Business and Tourism

Pariwisata Budaya Berkelanjutan: Persepsi Masyarakat Lokal

Kenyo Kharisma Kurniasari (LSPR Communication and Business Institute)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2021

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang bagaimana persepsi masyarakat lokal dapat mempengaruhi pariwisata budaya berkelanjutan di Jepang. Sejauh mana pandangan mereka mengenai kegiatan pariwisata di daerah mereka mempengaruhi sikap terhadap kegiatan pariwisata, dan bagaimana hal itu akan mempengaruhi partisipasi mereka dalam keberlangsungan pembangunan pariwisata berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan kajian naratif dari penelitian sebelumnya sebagai data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi penduduk Jepang terhadap pariwisata bersifat positif dan negatif. Sikap ini dipengaruhi oleh seberapa dekat interaksi mereka dengan industri dan kegiatan pariwisata. Sebagaimana dijelaskan dalam teori pertukaran sosial, kecenderungan penduduk setempat untuk mempertahankan pariwisata budaya yang berkelanjutan secara keseluruhan adalah negatif, karena dampak yang tidak menyenangkan lebih signifikan daripada manfaat yang mereka terima. Oleh karena itu, pengelola destinasi dan atau pemerintah daerah perlu menyusun perencanaan dan pengelolaan pasar yang lebih baik untuk mewujudkan pariwisata budaya yang berkelanjutan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrbt

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Journal of Research on Business and Tourism (JRBT) publishes papers of an empirical or conceptual and literature reviews of a cross disciplinary. JRBT provides a platform for academics, business professionals, researchers, and professional concerns on both theoretical and practical issues. Focus and ...