Artikel ini hendak menjawab bentuk kerjasama antara guru dan orang tua dalam membentuk nilai karakter religius siswa. Pembentukan nilai karakter religius siswa bukan hanya tanggung jawab guru di sekolah, lebih dari itu orang tua sebagai pendidik utama siswa juga berperan dan bertanggung jawab di dalamnya. Dengan tujuan untuk menjelaskan tentang peran guru dan orang tua dalam pembentukan nilai karakter religius dalam pembelajaran PAI di masa pandemi di Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari Labruk Kidul-Lumajang, serta faktor pendukung dan penghambat yang terjadi dalam proses pembentukan nilai karakter religius tersebut. Menggunakan pendekatan kualitatif field research dengan subjek penelitian yaitu waka kurikulum, guru mata pelajaran SKI dan Al-Qur’an Hadist, guru mata pelajaran Akidah Akhlak, guru mata pelajaran Fikih, dan orang tua siswa Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari Labruk Kidul-Lumajang. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian menghasilkan temuan kurangnya sinergitas dalam bentuk komunikasi antara guru dan orang tua, kesadaran anak, dan pemantauan serta bimbingan orang tua selama pembelajaran daring di rumah.
Copyrights © 2021