Nusantara: Indonesian Journal of Islamic Studies
Vol. 1 No. 1 (2021): (July) Contemporary Islamic Education

Pembiasaan Membaca Nadham Alfiyah Ibnu Malik di Sekolah Formal

Danial Dwi Purwoko (Madrasah Aliyah Nurul Islam Sawaran lor Lumajang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2021

Abstract

Metode dalam pendidikan merupakan sebuah strategi yang di lakukan untuk mencapai target dan tujuan pendidikan, salah satunya adalah metode pembiasaan, metode ini merupakan metode yang mengajarkan siswa untuk terbiasa melakukan suatu hal secara berulang – ulang atau rutin setiap hari, hal ini juga di lakukan oleh MA Nurul Islam Barat Padang yang menjadikan metode pembiasaan sebagai sarana meningkatkan motivasi belajar siswa, dan menariknya metode pembiasaan yang di gunakan yakni pembiasaan membca nadhom alfiyah sebelum kegiatan pembelajaran di lakukan dengan tujuan meningkatkan motivasi belajar siswa, penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian descriptive qualitative, teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peniliti ialah observasi,wawancara, dan dokumentasi. Dengan tujuan penelitian yakni tinjauan secara umum tentang penerapan metode pembiasaan membaca nadhom alfiyah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, dengan hasil penelitian yang dilakukan di Ma Nurul Islam barat Padang pelaksanaan metode pembiasaan ini sangat berpengaruh meskipun ada beberapa faktor pendukung dan penghambat yang menjadi bagian dalam penerapan metode pelaksanaan membaca ndhom alfiyah ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Religion Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Nusantara: Indonesian Journal of Islamic Studies adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan dua kali setahun oleh NUN Media bekerjasama dengan CV. Murta Media Karya Surabaya. Jurnal ini menekankan pada aspek-aspek yang terkait dengan Kajian Islam dalam konteks Indonesia, dengan referensi ...