Penelitian ini dilatar belakangi adanya pembaruan kurikulum pada masa pandemi COVID-19. SMP Wahidiyah Senduro telah menyesuaikan pelaksanaan kegiatan pendidikan dari penyesuaian kurikulum, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dengan masa pandemi. Penelitian ini berfokus pada pengembangan silabus khusus Pendidikan Agama Islam di SMP Wahidiyah Senduro yang disesuaikan dengan kondisi khusus pada masa darurat atau masa pandemi COVID 19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, adapun analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwasanya Guru Pendidikan Agama Islam SMP Wahidiyah Senduro telah Menyusun dan mengembangakan silabus khusus Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi COVID-19, guru telah menerapkan pengembangan silabus khusus Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi COVID-19 pada proses belajar mengajar meski terkendala fasilitas penunjang, pada evaluasi penerapannya, guru Pendidikan agama islam sudah memaksimalkan proses belajar mengajar dengan hasil pengembangan silabus khusus Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi COVID-19.
Copyrights © 2021