Sekolah sebagai tempat peserta didik mengembangkan segala potensi yang dimilikinya termasuk mengembangkan sikap dan emosi, dalam pengembangan tersebut Guru sebagai pendidik memiliki pengaruh dalam lingkungan sekolah sebagai tauladan yang memberikan contoh baik dengan kompetensi kepribadian yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran keteladanan, kedisiplinan, dan tanggung jawab guru, integrasi komponen kompetensi kepribadian dan Upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam Mengembangkan Aspek Afektif di SMP Negeri 1 Padang. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif diskriptif,dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisa data menggunakan analisa diskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah gambaran keteladanan, kedisiplinan, dan tanggung jawab guru pendidikan agama Islam telah memenuhi kriteria yaitu penyesuaian kata dan perbuatan, hadir tepat waktu, memiliki perilaku yang berpengaruh positif serta memiliki peran aktif dalam kegiatan sekolah. Komponen kompetensi kepribadian guru juga berpengaruh terhadap aspek afektif peserta didik. Faktor pendukung yang dilakukan oleh guru PAI dalam Mengembangkan Aspek Afektif peserta didik di SMP Negeri 1 Padang yaitu pembiasaan akhlak mulia, pembacaan surat pendek sebelum memulai pelajaran, istigotsah akbar setiap jum’at, pondok romadhon, pelaksanaan sholat jama’ah, kriteria kelulusan minimal B dalam penilaian sikap spiritual dan sosial.
Copyrights © 2021