Nusantara: Indonesian Journal of Islamic Studies
Vol. 1 No. 1 (2021): (July) Contemporary Islamic Education

Pola Komunikasi Guru Agama Islam dalam Membina Akhlak Anak Disabilitas di SLB Bhakti Wanita

Kristin Afriani Yudowati (SLB Bhakti Wanita Lumajang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2021

Abstract

Keberhasilan sebuah komunikasi kepada peserta didik terletak pada bagaimana cara seorang pendidik atau guru menyampaikan materi tersebut, tanpa terkecuali anak disabilitas atau berkebutuhan khusus. Jika seorang pendidik atau guru tidak mampu berkomunikasi kepada peserta didik dengan baik maka tujuan serta keberhasilan dalam penyampaian materi dapat dikatakan belum sepenuhnya berhasil. Terutama dalam mendidik dan membina akhlak kepada anak disabilitas atau berkebutuhan khusus. Penelitian ini difokuskan tentang bagaimana pola komunikasi atau interaksi seorang pendidik dalam membina akhlak anak disabilitas. Maka dari itu dalam kegiatan analisis kali ini penulis menggunakan metode descriptive qualitative, dimana proses kegiatan analisis ini dijalankan sesuai dengan fenomena-fenomena yang biasanya berpegang pada suatu paradigma bersifat naturalistic atau fenomenology. Pada pokok pembahasan yang diperlukan penulis untuk menjabarkan hasil penelitian tersebut adalah guru atau pendidik, dan peserta didik. Sedangkan, dalam teknik pengelolaan informasi terkait penelitian, peneliti tentu mengambil cara pengurangan suatu data, menyajikan serta menyimpulkan hasil keseluruhan pengamatan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Religion Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Nusantara: Indonesian Journal of Islamic Studies adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan dua kali setahun oleh NUN Media bekerjasama dengan CV. Murta Media Karya Surabaya. Jurnal ini menekankan pada aspek-aspek yang terkait dengan Kajian Islam dalam konteks Indonesia, dengan referensi ...