PRISMA
Vol 10, No 2 (2021): PRISMA Volume 10 No 2 Tahun 2021

Implementasi Pembelajaran Online Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa

Wina Anjarsari (SDN Model Kabupaten Sukabumi)
Suchie Suchie (SDN Model Kabupaten Sukabumi)
Dudin Komaludin (SDN Model Kabupaten Sukabumi)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk menelaah kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran matematika setelah menerapkan pembelajaran online berbasis proyek atau Project Based Learning dengan berbantuan aplikasi zoom meeting dan google classroom. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Model Kab. Sukabumi pada tahun pelajaran 2020/2021.  Peneliti mengambil sampel dari siswa kelas V yang berjumlah 28 orang siswa yang terdiri dari 12 orang siswa perempuan dan 16 orang siswa laki – laki.   Data  dalam penelitian ini diperoleh  melalui instrumen yaitu kuisioner serta wawancara terhadap orang tua siswa. Hal ini dikarenakan pembelajaran yang dilaksanakan dengan sistem pembelajaran jarak jauh yakni dari rumah masing - masing. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran online dengan berbasis proyek atau Project Based Learning dengan berbatuan aplikasi zoom meeting dan google classroom ini dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...