Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembentukan citra diri dan kredibilitas fashion blogger untuk menciptakan penampilan ideal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan peneliti sebanyak satu (1) orang fashion blogger berbasis di kota Medan sebagai informan kunci serta dua (2) orang informan pendukung yang mengenal informan kunci. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori New Media dan teori Interaksionisme Simbolik yang ditambahkan dengan konsep citra, kredibilitas, remaja, fashion, dan penampilan ideal. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengobservasi blog dan akun media sosial lainnya yang dikelola informan kunci, wawancara mendalam dengan informan kunci dan informan pendukung serta studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan  pengkodean data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pembentukan citra diri dan kredibilitas untuk menciptakan  penampilan ideal yang dilakukan fashion blogger tidak selalu dilakukan secara sadar dan terencana. Citra seorang fashion blogger terbentuk melalui proses komunikasi pesan yang secara konsisten difokuskan pada bidang fashion baik secara verbal maupun nonverbal. Kredibilitas akan muncul dengan sendirinya ketika fashion blogger menorehkan prestasi di kompetisi di bidang fashion. Tingkat kredibilitas juga terlihat dari jumlah follower di media sosial dan jumlah endorsement yang diterima fashion blogger. Fashion blogger pada kenyataannya tidak serta-merta merubah standar penampilan ideal follower, tetapi fashion blogger mampu memberikan alternatif berpenampilan  dan membantu follower menerima dan bangga terhadap keunikan masing-masing. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021