Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan yang terdiri dari keandalan (realibility), jaminan (assurance), bukti fisik (tangible), empati (emphaty), dan daya tanggap (responsiveness) dengan kepuasan masyarakat dalam penyaluran program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD) yang berasal dari Kementerian Desa. Penelitian ini dilakukan pada Desa Cikakak Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes dengan populasi dalam penelitian ini sejumlah 247 orang penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dan sampel yang digunakan sejumlah 153 orang berdasarkan rumus slovin. Metode yang dilakukan dalam penelitan ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang bersumber dari data primer seperti wawancara dan penyebaran angket serta data sekunder hasil olah data secara statistik menggunakan SPSS. Penelitian ini menggunakan uji instrumen validitas dan reliabilitas dengan teknik analisis uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan secara parsial responsiveness (daya tanggap) danĀ assurance (jaminan) memiliki pengaruh yang sangat dominan terhadap kepuasan masyarakat sedangkan hubungan secara simultan kualitas pelayanan yang terdiri dari keandalan (realibility), jaminan (assurance), bukti fisik (tangible), empati (emphaty), dan daya tanggap (responsiveness) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat.Kata kunci: kualitas pelayanan, kepuasan masyarakat
Copyrights © 2021