Abstrak. Waktu tunggu menjadi salah satu aspek kepuasan pasien terhadap pelayanan klinik. Dengan waktu tunggu yang lama dalam pelayanan kesehatan di klinik, peluang terjadinya kerumunan di masa Vandemi Covid-19 sering tidak dapat dihindarkan. Tulisan ini menyajikan rancangan Sistem Informasi Antrian dengan estimasi waktu tunggu, yang dianalisis dengan menggunakan Framework Enterprise Arsitektur TOGAF ADM untuk mencapai optimalisasi proses antrian pada klinik dr.Taufik Nopransyah Ciracap. Penerapan TOGAF ADM dilakukan pada 5 fase pengembangan sistem aplikasi, terdiri atas: fase Preliminary untuk perencanaan arsitektur sistem, fase Architecture Vision untuk Value chain aktivitas bisnis klinik, fase Business Architecture untuk proses bisnis sistem aplikasi, fase Information System Architecture untuk proses perancangan sistem aplikasi, dan fase Technology Architecture untuk teknologi pendukung sistem aplikasi. Hasil uji Usability yang melibatkan 10 orang pasien dan 2 orang staf administrasi klinik menunjukkan 98% responden memberikan persepsi positif (setuju) bahwa sistem aplikasi antrian yang dikembangkan dapat mengurangi waktu tunggu antrian. Responden juga setuju bahwa sistem aplikasi menarik dan mudah dioperasikan.Kata kunci: Sistem Informasi, Antrian pasien, Klinik layanan kesehatan, Berbasis Web, TOGAF ADM.Abstract. Waiting time is one aspect of patient satisfaction with clinical services. With long waiting times in health services at the clinic, the opportunity for crowds during the Covid-19 Vandemic period is often unavoidable. This paper presents a Queue Information System design with an estimated waiting time, which is analyzed using the TOGAF ADM Enterprise Architecture Framework to achieve optimization of the queuing process at the clinic of Dr. Taufik Nopransyah Ciracap. The application of TOGAF ADM is carried out in 5 phases of application system development, consisting of: Preliminary phase for system architecture planning, Architecture Vision phase for the Value chain of clinical business activities, Business Architecture phase for application system business processes, Information System Architecture phase for the application system design process, and the Technology Architecture phase for application system support technologies. The results of the usability test involving 10 patients and 2 clinical administrative staff showed that 98% of respondents gave a positive perception (agree) that the queuing application system developed could reduce queue waiting times. Respondents also agree that the application system is attractive and easy to operate.Keywords: Information System, Patient Queue, Healthcare Clinic, Web-Based, TOGAF ADM.
Copyrights © 2021