Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi
Vol 10, No 3: Desember 2021

Konsep Integrasi Micro-Services Menggunakan Enterprise Architecture (Studi Kasus: Perusahaan E-Commerce Indonesia)

Andreas Putra Wijaya (Universitas Pradita)
Richardus Eko Indrajit (Universitas Pradita)
Erick Dazki (Universitas Pradita)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2021

Abstract

Abstrak. Era digitalisasi setiap perusahaan berusaha melakukan yang terbaik untuk menyediakan layanan kepada pelanggan melalui berbagai inovasi yang dapat membuat pelanggan tertarik menggunakan jasa perusahaan. Micro-services memungkinkan tim developer perusahaan dapat mengembangkan secara optimal, setiap layanan yang diberikan dengan membagi layanan menjadi bagian–bagian kecil yang dapat dikembangkan secara bersamaan. Sehingga dalam tahap pengembangan maupun menerima feedback dari pengguna, dapat secara progresif diperbaiki dan dikembangkan. Terutama bagi pengusaha yang membuat bisnis startup dalam bidang jual/beli online (e-commerce) di Indonesia yang sedang berkembang pesat. Paper ini bertujuan, memaparkan hasil analisis penulis mengenai pengaruh dari penerapan micro-services pada perusahaan e-commerce di Indonesia. Salah satu faktor yang mendukung berkembangannya e-commerce di Indonesia adalah peningkatan sistem layanan yang menyeluruh, dengan melakukan development sistem dengan cepat.Kata Kunci: Microservices, e-commerce, Startup, Enterprise Architecture.Abstract. In the era of digitalization every company is trying to do their best to provide services to customers through any innovations that can make customers interested in using the company's services. Micro-services allow the company's development team to develop optimally, each service provided by dividing the service into small parts that can be developed simultaneously. So that in the development stage as well as receiving feedback from users, it can be progressively improved and developed. Especially for entrepreneurs who make startup businesses in the field of buying/selling online (e-commerce) in Indonesia, which is growing rapidly. This paper aims to describe the results of the author's analysis of the effect of implementing micro-services on e-commerce companies in Indonesia. Where one of the factors in the development of e-commerce in Indonesia is to improve the comprehensive service system, by developing the system quickly.Keywords: Microservices, e-commerce, startup, Enterprise Architecture.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jutisi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi adalah Jurnal Ilmiah bidang Teknik Informatika dan Sistem Informasi yang diterbitkan secara periodik tiga nomor dalam satu tahun, yaitu pada bulan April, Agustus dan Desember. Redaksi Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem ...