Dalam memilih metode pembelajaran hendaknya disesuaikan dengan tujuan yang akan dicapai. Metode ynang biasa digunakan dalam materi Al-Qur’an khususnya menghafal adalah talaqqi, metode ini kurang begitu menarik perhatian siswa karena terkesan membosankan dan mudah hilang. Metode kaisa hadir menjadi solusi, karena metode ini tidak hanya memberikan pemahaman ataupun mengahafal suarah secara teks saja akan teatpi juga menggunakan gerakan yang dilantunkan dengan membaca arti mufradat dan tajwid yang benar. Sehingga memudahkan siswa dalam mengingat ayat tersebut. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan metode kaisa yang dilakukan di MTs Tegal Al-amien Putri 1 Prenduan kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memperoleh data secara terperinci yang tampak dalam penerapan metode kaisa pada materi Al-qur’an. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian studi kasus yang merupakan suatu kasus dalam kehidupan nyata dalam konteks kontemporer. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode kaisa yang dilakukan di MTs Tegal Al-amien Putri 1 Prenduan kelas VIII adalah ada tiga tahap diantaranya perencanaan dengan menyiapkan silabus dan RPP, pelaksanaan proses pembelajaran dengan metode kaisa dan evaluasi yang dilakukan guna meningkatkan pembelajaran yang lebih baik lagi. Dalam pembelajaran yang menggunakan metode kaisa memiliki faktor pendukung dan faktor penghambat. Adapun faktor pendukung diantaranya yaitu motivasi dalam menerima pengetahuan, suasana belajar yang menyenangkan, dan metode yang diterapkan membuat siswa bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Dan adapun faktor penghambatnya yaitu internal siswa yang kurang begitu familiar dengan metode kaisa dan metode membutuhkan kesiapan yang matang. Keyword: Penerapan, Metode Kaisa, Al-Qur’an
Copyrights © 2020