Dirosat : Journal of Islamic Studies
Vol 5, No 1 (2020): Dirosat: Journal of Islamic Studies

Merdeka Belajar (Pesantren dan Kemandirian santri Al-Amien Prenduan)

Septia Rosalina (IDIA Prenduan Sumenep Madura)
Yuniatul Jannah (IDIA Prenduan Sumenep Madura)
Romadatul Fitriyah (IDIA Prenduan Sumenep Madura)
Zainal Arifin (IDIA Prenduan Sumenep Madura)
Abd Mukid (IDIA Prenduan Sumenep Madura)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kenyataan bahwa Sejak awal, pondok pesantren telah menanamkan sikap kemandirian pada diri peserta didik, dengan cara melatih mereka agar dapat berdiri di atas kaki sendiri, serta membina mereka agar tidak menggantungkan diri kepada orang lain kecuali hanya kepada Tuhan.  Begitupun dalam hal belajar para santri dididik dan dibentuk dengan sistem dan program yang ada di dalam pondok tersebut agar mereka dapat menyelesaikan sendiri masalah-masalah belajar yang mereka temui. Akan tetapi setiap Pondok Pasti memiliki cara-cara tersendiri dalam usahanya menciptakan sikap kemandirian belajar dalam diri santri.Tujuan penelitian ini adalah; 1. Untuk mengetahui bagaimana peran Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan dalam menciptakan kemandirian belajar santri, 2. Untuk mengetahui program apa saja yang dimiliki Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan yang dapat menunjang terciptanya kemandirian belajar santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif lapangan (field research), dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara kepada narasumber yang dianggap penting dan dokumentasi. Kemudian untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Untuk menetapkan keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Seluruh komponen dan sistem yang ada di dalam pondok pesantren  Al-Amien Prenduan berperan penting dalam menciptakan kemandirian belajar dalam diri santri.  Misalkan dari SDM-nya, seperti para guru, kepala sekolah, pengasuh dan  pimpinan pondok  pesantren. Keberadaan mereka sangatlah dibutuhkan oleh para santri, sebagai motivator, pembimbing sekaligus orang tua kedua mereka di pondok.  Kemudian penciptaan kemandirian belajar juga tercipta dari program-program yang telah dibentuk oleh   pondok, seperti kelompok-kelompok  keilmuan dan kebahasaan dan lain-lain.  Adapun program pondok pesantren Al-Amien Prenduan yang mendukung terciptanya kemandirian belajar santri yaitu program muajjah, program kelompok, program penuntasan SKIA dan program  remidial. Kata Kunci : peran pesantren, kemandirian belajar

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

dirosat

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

DIROSAT : Journal of Islamic Studies, is an Islamic studies and research journal published by Al-Amien Prenduan Institute for Islamic Studies (IDIA Prenduan). It specializes in Islamic studies and humanities, and is intended to communicate original researches and current issues on the subject. The ...