Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk penelitian ini kami menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mencakup hal-hal sebagai berikut; pendekatan dan jenis penelitian, kehadiran peneliti, lokasi penelitian, sumber data, prosedur pengumpulan data, analisis data, pengecekan keabsahan temuan, serta tahap-tahap penelitian, yang meliputi (tahap pralapangan, tahap pekerjaan lapangan dan tahap analisis data). Adapun hasil penelitian dapat digambarkan sebagai berikut; Pada hakikatnya Madrasah Ibtidaiyah Nurul Jadid dalam upaya meningkatkan prestasi siswanya tidak begitu maksimal karena disebabkan oleh kerjasama antar elemen lembaga (kepala madrasah dengan guru) juga tidak begitu maksimal, akhirnya memberikan dampak yang tidak baik terhadap perkembangan kelembagaan. Dengan demikian dapat kita ketahui bahwa kualitas yang dimiliki oleh madrasah Ibtidaiyah ini adalah kurang baik dan tidak mencapai target yang memang harus di miliki oleh lembaga itu sendiri, sedangkan sistem kepemimpinan yang diterapkan adalah system kepeminpinan tradisional dan kharismatik, dalam melaksanakan supervisinya sebagaimana mestinya seorang kepala madrasah, akan tetapi walau demikian ada beberapa poin penting yang dapat kita ambil hikmah yang ternyata dengan keterbatasan serta kekurangan yang dimiliki oleh lembaga itu sendiri masih mampu melahirkan siswa-siswi yang berkualitas serta mampu bersaing dengan siswa lembaga-lembaga besar lainnya. Kata Kunci: Kerjasama, Prestasi Abstract: This study aims for this research we use qualitative research methods by covering the following things; approach and type of research, presence of researchers, research locations, data sources, data collection procedures, data analysis, checking the validity of findings, and research stages, which include (pre-field stage, field work stage and data analysis stage). The research results can be described as follows; In essence, Madrasah Ibtidaiyah Nurul Jadid in an effort to improve student achievement is not so optimal because it is caused by the collaboration between elements of the institution (headmaster and teacher) is also not so optimal, ultimately giving a bad impact on institutional development. Thus we can know that the quality possessed by this Ibtidaiyah madrasa is not good and does not achieve the targets that the institution itself must have, while the leadership system applied is a traditional and charismatic leadership system, in carrying out its supervision as a madrasa head should. However, even so, there are some important points that we can take lessons from. It turns out that with the limitations and shortcomings of the institution itself, it is still able to produce quality students and be able to compete with students from other large institutions. Keywords: Cooperation, Achievement
Copyrights © 2019