Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Vol 18, No 4 (2021)

Pengaruh promosi penjualan dan e-service quality terhadap loyalitas pelanggan marketplace shopee

Shafira Ramadhanti Salsyabila (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Arif Fadilla (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menjelaskan, menganalisis dan mengukur suatu fenomena mengenai Pengaruh Promosi Penjualan dan E-Service Quality terhadap Loyalitas Pelanggan Marketplace Shopee. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Sampel penelitian ini adalah Pengikut Instagram Shopee Indonesia berjumlah 400 responden. Alat Analisis yang digunakan adalah Analisis Rentang Skala dan Analisis Jalur. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh beberapa kesimpulan yaitu, Promosi Penjualan dan E-Service Quality memiliki korelasi sebesar 0,651, yang berarti hubungan tersebut kuat. Secara parsial Promosi Penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan presentase sebesar 29,8%, yang berarti jika Promosi Penjualan yang diberikan ditingkatkan maka akan berpengaruh pada meningkatnya Loyalitas Pelanggan. Secara parsial E-Service Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan presentase sebesar 42%, yang berarti jika E-Service Quality yang diberikan ditingkatkan maka akan berpengaruh pada meningkatnya Loyalitas Pelanggan. serta secara simultan Promosi Penjualan dan E-Service Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan sebesar 71,8%, sedangkan sisanya 28,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Artinya, jika Promosi Penjualan dan E-Service Quality secara bersama-sama ditingkatkan maka akan berpengaruh pada peningkatan Loyalitas Pelanggan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

KINERJA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemenis a scientific journal in the field of economics and management published twice a year (in January & ...