Tourism Scientific Journal
Vol. 1 No. 2 (2016): Vol. 1 No. 2

STRATEGI PENGEMBANGAN DESTINASI PARIWISATA KOTA BANDUNG DALAM MENINGKATKAN TINGKAT KUNJUNGAN WISATAWAN ASAL MALAYSIA

Khoirul Fajri (STIEPAR YAPARI)
Nova Riyanto E.S (STIEPAR YAPARI)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2016

Abstract

Seiring dengan perkembangan pariwisata di kota-kota lain di Indonesia selain Bandung, kondisi jumlah wisatawan baik domestik maupun mancanegara secara perlahan mulai menyebar ke beberapa kota. Jumlah wisatawan Malaysia ke Bandung pada bulan Januari hingga Maret dari tahun 2014 hingga 2016 sangat bervariasi. Dengan jumlah daya tarik wisata yang ada di Bandung saat ini jumlah wisatawan Malaysia tersebut akan dapat dipertahankan dan menjadi bertambah atau berkurang dikarenakan tingkat kejenuhan terhadap variasi paket wisata kota Bandung. Selain itu, faktor lain seperti pembukaan rute-rute penerbangan baru oleh Air Asia dari Malaysia ke beberapa kota di Indonesia.Dari kondisi tersebut penulis melakukan penelitian menggunakan metode deskriptif  pada bulan April hingga Juni 2016 dengan teknik pengumpulan data melalui studi literature atau dokumentasi, observasi, kuesioner dan interview, dapat disimpulkan bahwa kota Bandung sebagai destinasi pariwisata di Indonesia masih minim akan daya tarik wisata  yang dapat ditawarkan kepada wisatawan asal Malaysia. Adapun responden terdiri dari beberapa asosiasi perusahaan pariwisata, maskapai penerbangan, instansi pemerintah dan wisatawan asal Malaysia itu sendiri yang diambil menjadi sampel sebagai responden sebanyak 100 wisatawan dengan perhitungan sampel menggunakan rumus slovink, dimana tingkat kesalahan sebesar 10% dari jumlah rata-rata wisatawan asal Malaysia dengan populasi sebanyak 19.235 orang setiap  triwulan pertama per tahunnya. Kata kunci: Bandung, Pariwisata, atraksi wisata, Wisatawan Malaysia.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

tsj

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Diterbitkan oleh Sekolah TInggi Ilmu Ekonomi Pariwisata (STIEPAR) YAPARI-AKTRIPA BANDUNG dan Asosiai Pendidikan Pariwisata Seluruh Indonesia (APPSI). Terbit dua kali pada bulan Juni dan Desember, dengan nomor ISSN: 2477-6912. Redaksi mengundang para pakar, akademisi dan prakrisi serta seulurh pihak ...