Tourism Scientific Journal
Vol. 2 No. 1 (2016): Vol. 2 No. 1

PROSPEK PRODUCT SOUVENIR KAYU KELAPA DI PINELENG MENDUKUNG INDUSTRI PARIWISATA DI SULAWESI UTARA.

Fonny E. H. Sangari (Politeknik Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2017

Abstract

Prospek product souvenir kayu kelapa di Pineleng mendukung industri pariwisata di Sulawesi Utara. Hibah Penelitian di Politeknik Negeri Manado. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui prospek product souvenir kayu kelapa di Pineleng serta (2) memperoleh gambaran peranan souvenir kayu kelapa mendukung kepariwisataan di Sulawesi Utara. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif mengambil lokasi di Pineneleng, Art Indic Shop serta di beberapa lokasi pemasaran souvenir di Kota Manado. Data penelitian ini berwujud data kuantitatif - kualitatif tentang produksi dalam lima bulan terakhir, volume penjualan produk dalam lima tahun terkahir serta data persepsi tentang souvenir kayu kelapa dalam kontribusinya di industri pariwisata di Sulawesi Utara. Data diperoleh langsung dari lokasi objek penelitian serta tanggapan responden dalam menjawab angket yang telah disediakan peneliti. Metode pengumpulan data melalui observasi dengan melakukan pengamatan dari dekat proses pembuatan souvenir, pengambilan gambar, pencatatan data yang relevan dengan judul yang diangkat, wawancara dengan mengajukan pertanyaan kepada responden. Instrumen yang digunakan adalah interview guide, dokumentasi pengumpulan data yang relevan, baik objek penelitian maupun literatur yang mendukung penelitian. Analisis yang digunakan deskriptif kualitatif. Analisis kualitatif adalah analisis bersifat memberikan keterangan dan penjelasan objek yang diteliti. Setelah dilakukan analisis diperoleh kesimpulan bahwa; souvenir kayu kelapa memiliki prospek yang baik terlihat dari rata-rata prosentasi kenaikan lima tahun terakhir untuk produk plaket ukir 12.2%, ukiran meriam 12%, gayung 9.8%, 22,2 %, topeng  kelapa 45% dan gantungan kunci 84.8%, serta dilihat dari frekuensi tanggapan responden dari 12 responden yang tersisa karena memilih souvenir maka terbanyak coconut wood souvenir 83% sedangkan clove souvenir 17 %. Ini menujukkan bahwa souvenir kayu kelapa mendukung industri pariwisata.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

tsj

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Diterbitkan oleh Sekolah TInggi Ilmu Ekonomi Pariwisata (STIEPAR) YAPARI-AKTRIPA BANDUNG dan Asosiai Pendidikan Pariwisata Seluruh Indonesia (APPSI). Terbit dua kali pada bulan Juni dan Desember, dengan nomor ISSN: 2477-6912. Redaksi mengundang para pakar, akademisi dan prakrisi serta seulurh pihak ...