Tourism Scientific Journal
Vol. 4 No. 1 (2018): Vol 4, No 1

PENGARUH FAKTOR GEOGRAFI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE KOTA BANDUNG

K. Krimayanti (Universitas Pendidikan Indonesia)
Enok Maryani (Universitas Pendidikan Indonesia)
Lili Somantri (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2019

Abstract

Kota Bandung sebagai destinasi wisata sudah dikenal sejak dulu. Sekarang ini jumlah wisatawan [un terus meningkat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor geografis apayang mempengaruhi keputusan berkunjung ke Kota Bandung. penelitiandilakukan dengan pendekatan kuantitatif melalui metode survey. Populasi adalah wisatawan yang datang ke Kota Bandung.Sampel yang diambil melalui accidental sampling ber 150 orang yang tersebar di 10 objek wisata.Data diambil melalui kuesioner dan diolah melalui regresi.Hasil penelitian menunjukkan wisatawan yang datang didominasi oleh wisatawan produktif, pendidikan SMA, pekerjaan beragam (swasta, negeri, belum bekerja/pelajar), penghasilan menengah ke atas, dan tujuan berkunjung untuk rekreasi menikmati berbagai keramaian kota, kuliner dan belanja.  Wisatawan umumnya memiliki loyalitas yang tinggi sebagai pengunjung (> 4 kali).Faktor geografi berpengaruh terhadap keputusan berkunjung, berdasarkan urutan kontribusi maka diferensiasi area, nilai kegunaan, aksesibilitas dan lokasi secara berturut-turut memberikan kontribusi tertinggi sampai terkecil.Faktor lokasi yang berupa kemacetan lalu lintas, keberadaan tempat parkir, keamanan di area parkir menjadi faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan wisatawan di objek wisata.Penataan ruang di kawasan objek wisata dan transportasi perlu dilakukan agar tidak banyak waktu wisatawan terbuang akibat kemacetan lalu lintas dan pencarian tempat parkir.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

tsj

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Diterbitkan oleh Sekolah TInggi Ilmu Ekonomi Pariwisata (STIEPAR) YAPARI-AKTRIPA BANDUNG dan Asosiai Pendidikan Pariwisata Seluruh Indonesia (APPSI). Terbit dua kali pada bulan Juni dan Desember, dengan nomor ISSN: 2477-6912. Redaksi mengundang para pakar, akademisi dan prakrisi serta seulurh pihak ...