Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menyusun modul pembelajaran Fisika berbasis Science Environment Thechnology and Society (SETS), kemudian menguji efektivitas modul terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. penelitian ini merupakan penelitian Educational Reseach and Development. Model pengembangan modul yang digunakan adalah model 4D (four D model). Keempat tahapan tersebut adalah define, design, development dan disseminate. Modul tersebut disusun dengan muatan berbasis Science Environment Technology and Society (SETS) yang terdiri dari siswa terlibat aktif mengaplikasikan konsep yang telah dipelajari, siswa dapat memahami konsep setelah melakukan praktikum, siswa mengembangkan hasil karyanya, dan siswa dapat menganalisis hasil eksperimennya. Selain itu, modul juga dilengkapi dengan tahapan SETS yang dimunculkan sebagai kerangka dalam modul karena merupakan bagian dari pendekatan saintifik yang perlu dikembangkan pada kurikulum 2013. Modul dinilai berdasarkan kelayakan materi, media, dan bahasa, serta uji coba (terbatas danĀ kelompok besar) kepada siswa, dan tahap penyebaran pada Guru Fisika. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket analisis kebutuhan, lembar validasi, angket respon, dan angket disseminate (penyebaran). Modul pembelajaran ini berbasis SETS, dimana tahapan-tahapannya berupa pendahuluan, pembentukan konsep, aplikasi konsep, pemantapan konsep, dan penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ini layak dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis siswa serta mendapat respon positif dari siswa. penggunaan modul tersebut dapat memberdayakan kemampuan berpikir kritis siswa karena > 75% dapat mencapai lebih dari KKM
Copyrights © 2017