Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran model student oriented yang terdiri dari silabus, RPP, LKPD dan alat evaluasi Kemampuan Pemecahan Masalah (KPM). Penelitian ini menggunakan jenis research and development dengan desain penelitian 4D model yaitu Define, Design, Develop, dan Desseminate. Pada tahap Define dilakukan analisis kurikulum, analisis kemampuan peserta didik, analisis tugas, analisis konsep dan analisis tujuan pembelajaran. Tahap Design dilakukan perancangan perangkat pembelajaran. Pada tahap Develop dilakukan pembuatan produk, validasi ahli produk, revisi produk, ujicoba alat evaluasi kemampuan pemecahan masalah, sedangkan pada tahap Desseminate belum dilakukan penyebarluasan produk dengan alasan masih dalam pandemi COVID 19. Uji coba dilakukan pada sampel penelitian (30 peserta didik) kelas XI MIPA4 SMA Negeri 2 Mataram yang dilakukan secara on line. Hasil analisis validator ahli terhadap perangkat pembelajaran model student oriented didapatkan hasil valid. Uji Reliabilitas dan validitas terhadap instrumen evaluasi kemampuan pemecahan masalah (KPM) didapatkan hasil reliabel dan valid. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan perangkat pembelajaran dan alat evaluasi kemampuan pemecahan masalah layak untuk diterapkan pada pembelajaran di kelas.DOI: 10.29408/kpj.v4i2.2621
Copyrights © 2020