Kappa Journal
Vol 1 No 1 (2017): Juni

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Terhadap Prestasi Belajar

Tarpin Juandi (Universitas Hamzanwadi)
Anhar . (Universitas HAmzanwadi)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap prestasi belajar siswa, 2) Pengaruh kreativitas siswa kategori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa, 3) Interaksi antara penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dengan tingkat kreativitas siswa terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian semua siswa kelas X SMAN 1 Masbagik tahun pembelajaran 2014/2015. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Instrumen penelitian berupa angket dan tes. Tes diberikan untuk mengumpulkan data prestasi belajar dan angket diberikan untuk mengumpulkan data kreativitas siswa. Teknik analisis data digunakan ANAVA dua jalan isi sel tak sama dengan desain 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap prestasi belajar siswa 2) Ada pengaruh kreativitas siswa kategori tinggi dengan kreativitas siswa kategori rendah terhadap prestasi belajar siswa dan 3) Tidak terdapat intraksi antara model pembelajaran Project Based Learning dengan tingkat kreativitas siswa terhadap prestasi belajar siswa. Hasil uji Scheffe menunjukkan bahwa 1) prestasi belajar siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dan 2) hasil belajar siswa yang memiliki kreativitas tinggi memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki kreativitas rendah..

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

kpj

Publisher

Subject

Astronomy Physics Other

Description

Kappa Journal (e-ISSN 2549-2950) mempublikasikan artikel hasil-hasil penelitian fisika, inovasi pembelajaran fisika, dan pemikiran-pemikiran kritis tentang fisika maupun pendidikan fisika. Kappa Journal diterbitkan oleh Universitas Hamzanwadi dua kali setahun yakni setiap bulan Juni dan ...