Kappa Journal
Vol 4 No 2 (2020): Desember

Pengaruh Penguasaan Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Kinematika Gerak

Tsamarul Hizbi ((Scopus ID: 57217987363, Subject Area: Physics Education), Universitas Hamzanwadi)
Badrul Wajdi (Universitas Hamzanwadi)
Fartina Fartina (Universitas Hamzanwadi)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan turunan dan integral terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA pada materi kinematika gerak, Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA di Madrasah Aliyah NW Kotaraja yang berjumlah 36 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode ex post facto, dengan tidak memberikan treatment tetapi langsung mengadakan evaluasi terkait kemampuan siswa pada materi kinematika gerak dan juga kemampuan siswa terkait kemampuan turunan dan integral. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis regresi. Dari hasil analisis diperoleh bahwa  Freg-hitung = 4,282 dan Freg-tabel = 4,130 (Freg-hitung > Freg-tabel), maka kesimpulan penelitian ini adalah penguasan turunan dan integral berpengaruh terhadap prestasi belajar fisika siswa pokok bahasan kinematika gerak.DOI: 10.29408/kpj.v4i2.2971

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kpj

Publisher

Subject

Astronomy Physics Other

Description

Kappa Journal (e-ISSN 2549-2950) mempublikasikan artikel hasil-hasil penelitian fisika, inovasi pembelajaran fisika, dan pemikiran-pemikiran kritis tentang fisika maupun pendidikan fisika. Kappa Journal diterbitkan oleh Universitas Hamzanwadi dua kali setahun yakni setiap bulan Juni dan ...