Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia
JATI Vol 3, No 1: March 2020

Six Sigma Sebagai Strategi Bisnis Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Produk

Sri Murni Fitria (Universitas Trilogi)
Novita Novita (Universitas Trilogi)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2020

Abstract

Suatu perusahaan harus memiliki strategi yang tepat agar mampu bertahan dan bersaing dengan para competitor yang ada baik dalam negeri maupun luar negeri. Maka salah satu strategi yang dapat dilakukan yaitu dengan meningkatkan kualitas produk menggunakan six sigma. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi,dokumentasi, dan wawancara. Analisis data melalui metodologi DMAIC (Define, Measure, Analyze,Improve, Control). Dalam penelitian ini diketahui bahwa perusahaan yang menjadi objek penelitian tersebut sangat tidak kompetitif karena berada pada level sigma 2.7 dengan nilai DPMO sebesar 106.416,66. Hal ini menunjukkan bahwa dalam proses produksi yang dilakukan masih banyak produk yang tidak sesuai dengan keinginan konsumen. Ada beberapa usulan perbaikan serta pengendalian yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan pengendalian hasil (result control), pengendalian tindakan (action control), pengendalian personel (personel control) dan pengendalian budaya (culture control).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jati

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia focuses on the research and research review related to accounting that are conducted using case study approach. JATI focuses related on various themes, topics and aspects of accounting and ...